Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia

Sebelum kita mempelajari “Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia”terlebih dahulu kita harus mengetahui “Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Sebelum Mengenal Tulisan dan Sudah Mengenal Tulisan”

TRADISI SEBELUM MENGENAL TULISAN
Masa ketika manusia belum mengenal tulisan disebut masa Prasejarah.Benda benda pada masa prasejarah kebanyakan terpendam di dalam tanah sehingga diperlukan penggalian,penelitian,dan analisis untukmendapatkannya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.Setelah ditelusuri melalui berbagai penelitian ditemukan bahwa
”Orang orang pada zaman pra sejarah untuk memenuhi kebutuhanya dengan
cara berburu,bermukim(menetap di suatu darerah),dan bercocok tanam”.
Setelah menetap dan bercocok tanam orang orang pada zaman prasejarah mengalami kemajuan yang sangat pesat.Bukti-nya:“Pada masa itu manusia sudah dapat membuat alat alat yang terbuat dari logam,karena itu masa bermukim dan bercocok tanam juga disebut masa Perundagian”

Tradisi masyarakat pada zaman prasejarah
Pada masa ini masyarakat Indonesia telah menghasilkan aturan aturan kemasyarakatan dan religi yang berbentuk sebagai berikut:
a.Sistem Macapat
merupakan tata cara atau system yang didasarkan pada jumlah 4.
b.Kesenian Wayang
Merupakan salah satu kesenian yang bernilai tinggi.Kesenian Wayang berasal dari pemujaan roh nenek moyang yang diwujudkan menjadi boneka dan dimainkan oleh dalang,khususnya dimainkan pada waktu malam hariKesenian Wayang berfungsi pertunjukan.
c.Segi Gamelan
Agar pertunjukan wayang dapat dinikmati maka sangat memerlukan gamelan sebagai alat musil pengiringnya.Contoh contoh gamelan yang sering digunakan untuk mengeringi kesenian wayang antara lain:Gong,Gamelan,Rebab,Gendang,dll.
d.Seni Bathik
Merupakan kerajinan membuat gambaran pada kain dengan cara melukisnya atau menerakan malam.Pada alat yang disebut canting.Kegiatan membathik sempat popular dan merupaakan peninggalan nenek moyang yang perlu dilestarikan.Pekerjan membathik betul betul merupakan seni karena diperlukan kesabaran menggambar merendam yang dilakukan berulang ulang,dan mengerok lilin.
e.Kemampuan berlayar dan Astronomi
Pengetahuan Astronomi memang diperlukan untuk pelayaran waktu malam hari.Sehingga para pelayar harus mempunyai pengetahuan yang cukup dalam Ilmu Astronomi.
F.Kepandaian Bersawah
Sejak Zaman Neolithikum manusia prasejarah bertempat tinggal tetap,kehidupan demikian mendorong manusia prasejarah untuk menghasilkan bahan makanan sendiri.Untuk itu mereka telah membuat tat pengaturan air,dan bendungan.Dan dapat disimpulkan bahwa bersawah merupakan bentuk rekaman dan warisan dari masyarakat masa laluyang tidak tertulis.
h.Kemanusiaan
Pengakuan adanya makluk gaib,manusia merasa bahwa perbuatan ketika di dunia harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan,merupakan salah satu penyebab timbulnya kemanusiaan.Perkembangan selanjutnya manusia mengakui adanya kehidupan di akhirat setelah di dunia.Dengan pengakuan adanya kehidupan di akhirat,manusia berusaha untuk mencapainya.Caranya dengan berbuat amal dan mengadakan upacara religius,seperti animisme.dan dinamisme.
Animisme adalah pengakuan adanya jiwa yang bisa menolong manusia,tetapi da juga yang dapat mengganggu,misalnya demit,roh,dll.
Dinamisme merupakan kepercayaan akan adanya kekuatan gaib pada benda benda tertentu,misalnya pada keris,tombak.Benda benda tersebut juga memberi tuah kepada manusia.

Jejak Sejarah di dalam Foklor dan Lagu dari berbagai Daerah di Indonesia.
Di dalam mengungkapkan dan menyusun peristiwa sejarah,sejarawan memerlukan sumber sumber sejarah yang layak untuk dipercaya.Sumber sejarah tsb dapat berupa sumber benda,sumber tertulis,dan sumber lisan.Sumber sumber sejarah harus dapat mengalami seleksi terlebih dahulu untuk mengetahui kebenarannya.Salah satusuber sejarah yag perlu mendap pengakuan lebih adalah sumber lisan.
Di Tengah tengah masyarakat,cerita cerita tampil dalam berbagai bentuk yang disebut Folklor.Folklor merupakan adapt istiadat tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun menuru,tetapi tidak dibukukan.Foklir ada yang berbentuk lisan dan ada juga yang berbentuk tertulis.
Foklor lisan yang berkembang dimasyarakat antara lain sebagai berikut:
1) Dongeng
Adalah cerita yang tidak benar benar terjadi.Misalnya,cerita tentang para dewa.
2) Mitos
Adalah cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan pada zaman dahulu,berisi penafsiran tentang asal usul alam semesta,manusia,dan bangsa tersebut serta mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara gaib.
3) Legenda
Adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah.Misalnya,Legenda Si Pitung yang sangat terkenal di lingkungan masyarakat betawi.
4) Nyanyian atau Lagu Daerah
Nyanyian tradisional yang sampai sekarang terkadang masih kita dengar penciptanyya bukan hanya sekedar untuk mengungkapkan perasaan,tetapi untuk mengingatkan hal kebaikan dan kejahataan.

TRADISI SESUDAH MENGENAL TULISAN
Tidak semua jejak sejarah dapat digunakan sebagai bahan penulisan sejarah.Jejak sejarah dapat dibedakan menjadi dua:
1.Jejak Sejarah
Adalah hasil peninggalan masa lampau yang menurut sejarawan memiliki atau mengandung informasi tentang kejadian kejadian bersejarah sehingga dapat digunakan untuk menyusun penulisan sejarah.
2.Jejak Bukan Sejarah
Adalah peninggalan sejarah masa lampau yang tidak memiliki nilai sejarah.
Rekaman tertulis dalam tradisi sejarah masyarakat di berbagai daerah di Indonesia dapat dibagi menjadi 3 hal:
a. Sumber Sejarah Tertulis Sezaman dan Setempat
.Sumber Sejarah Tertulis Sezaman adalah suatu keterangan yang tertulis oleh orang yang berasal dari waktu yang sama dengan peristiwa itu terjadi. .Sumber Sejarah Tertulis Setempat adalah sumber tertulis yang dibuat oleh orang orang yang berada di lingkungan peristiwa itu terjadi.

Prasasti yang ditemukan di Indonesia,umunya menggunakan berbagai bahasa,di antaranya sebagai berikut:
a.Bahasa Sansekerta
b.Bahasa Jawa
c.Bahas Melayu Kuno
d.Prasasti Bahasa Bali Kuno
b.Sumber Sejarah Sezaman Tidak Setempat
Sumber Sejarah Tertulis tidak Setempat adalah rekaman peristiwa sezaman tetapi ditulis oleh orang orang bukan dari penduduk setempat.Sumber Sejarah seperti ini pada Umumnya berupa Laporan Perjalanan.
c.Sumber Sejarah Tertulis Setempat Tidak Sezaman
Sumber tertulis setempat tidak sezaman adalah rekaman tertulis tradisi sejarah masyarakat Indonesia yang tertulis pada masa masa yang telah berbeda,tetapi masih dalam tempat yang sama.

PERKEMBANG PENULISAN SEJARAH DI INDONESIA
Secara garis besar terdapat 3 jenis penulisan sejarah yang ada di Indonesia:
1.Penulisan Sejarah Tradisional
Adalah penulisan sejarah yang pada umumnya lebih mengedepankan unsure keturunan.Penulisan sejarah tradisional berkembang sejak kedatangan Hindhu-Budha di Indonesia sampai Islam masuk dan berkembang.
2.Penulisan Sejarah Kolonial
Penulisan Sejarah Kolonial adalah penulisan sejarah yang berupa eropa sentries.Artinya sejarah Indonesia itu ditulis untuk kepentingan dan cara pandang colonial.Seperti Dr.J.C.Van Leur dengan karyanya Indonesia Trade dan Society.
3.Penulisan Sejarah Nasional
Penulisan Sejarah Nasional adalah penulisan sejarah peradaban bangsa Indonesia yang dilakukan secara wajar menurut kacamata bangsa Indonsia dengan tetap berpegangan padaaturan metode sejarah secara universal.

Setelah mempelajari Tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia,sekarang kita pelajari tentang
“kehidupan Awal Masyarakat Indonesia”.
Proses Munculnya Dan Berkembangnya Manusia dan Masyarakat Paling Awal di Kepulauan Indonesia.
Untuk mengetahui kehidupan yang terjadi pada masa Prasejarah kita hanya berpedoman pada benda benda hasil karya pada zaman tersebut.
1. Pembagian Zaman dalam Sejarah Bumi
Pertama tama kita harus mengetahui Awal terjadinya bumi.Bumi ini mula mula berupa bola gas yang panas luar biasa dan berputar putar secara terus menerus pada porosnya.Karena terlalu sering berputar maka makin lama gas tersebut berubah menjadi semakin padat,sehingga terjadilah kulit bumi yang berlapis lapis dan memiliki inti yang sangat panas.Berdasarkan pembentukan kulit bumi inilah para ahli membagi sejarah bumi menjadi 4 antara lain:
@.Zaman Arkaikum{Zaman Tertua}
Zaman ini keadaan dalam proses pembentukan,suhu masih terlalu panas dan zaman ini belum ada tanda tanda kehidupan.
@.Zaman Paleozoikum
Keadaan bumi masih labil,mulai ada tanda tanda kehidupan,diantaranya:terdapat adanya jenis ikan,amfibi,reptile.
@.Zaman Mezoikum
Zaman ini kehidupan mulai berkembang dianatanya semakin banyak reptile raksasa yaitu dinosaurus.
@.Zaman Neozoikum
Zaman ini terbagi menjadi 2 zaman:
Zaman Tersier:Pada zaman ini keadaan bumi semakin baikbinatang raksasa semakin berkurang.
Zaman Kwarter:Pada Zaman ini keadaan bumi semakin membaik karena mulai ada kehidupan manusia.
2. Periodisasi Perkembangan Bioogis,Budaya Manusia,dan Masyarak Purba Di Indonesia
Pembagian zaman dalam sejarah bumi didasarkan atas kulit bumiselain itu pembagian zaman juga terbagi berdasarkan atas benda peninggalan benda zaman sejarah.Zaman yang terbagi berdasarkan benda benda sejarahnya adalah sebagai berikut:
a. Zaman Batu
Pada Zaman ini semua peralatan terbuat dari batu.Zaman Batu dapat dibagi menjadi 3 bagian:
~Zaman Batu Tua
Ciri ciri-Nya:Alat alat jaman batu dikerjakan secara kasar,hindup manusia pada zaman batu berpindah pindah tempat,tergantung pada alam,Food Gathering,mempunyai 2 kebudayaan,yaitu budaya Pacitan, dan Budaya Ngandong.
~Zaman Batu Tengah
Ciri ciri-Nya:Alat alat pada zaman batu tengah pembuatannya sudah sedikit halus,mempunyai 2 kebudayaan:
*~* Kyokken Moddinger:sampah dapur.Ditemukan kapak sumatera/kapak genggam(pobble).
*~*Abris Soysroche:gua yang digunakan untuk tempat tinggal.Ditemukan serpihan bilah.
~Zaman Batu Muda
Ciri ciri-Nya:Alat alat batu muda sudah dikerjakan lebih halus,kehidupan mulai menetap,Food Producing,mengenal tradisi bercocok tanam.Alat alat kapak persegi dan kapak Lonjong.
~Zamaan Batu Besar
Di zaman batu besar sudah dihasilkan Hasil Budaya:
a.Punden Berundak d.Sarkofagus
b.Menhir ` e.Waruga
c.Dolmen f.Kubur Batu
b. Zaman Logam
Zaman Logam terbagi menjadi 2 zaman:
*~*Zaman Perunggu:Hasil kebudayaan pada zaman Perunggu adalah Kapak Corong.
*~*Zaman Besi

3. Proses Perkembangan Manusia Purba yang ada Di Indonesia:
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa daerah yang banyak ditemukan fosil manusia purba adalah daerah Lembah Sungai Bengawan Solo.
Fosil fosil manusia purba yang ditemukan dinegara Indonesia adalah:
1) Meganthropus Palaeojavanicus(Manusia Raksasai Jawa)
Jenis manusia purba ini mempunyai bentuk paling primitive.Fosil ini ditemukan padada tahun 1936-1941,di daerah Sangiran pada lapisan Pucangan.
2) Pithecanthropus(Manusia Kera)
Ciri ciri nya adalah badan tegap,bertinggi badan 165-180 cm,wajah tidak mempunyai dagu,hidup diperkirakan 1-25 juta tahun lalu,makanannya masih kasar dengan sedikit pengolahan,tulang rahang dan geraham kuat,serta bagian kening menonjol.
3) Pithecanthropus Mojokerto(Manusia Kera Dari Mojokerto)
Sekitar tahun 1936-1941 G.H.R.Von Koenigswald melakukan penelitian di sepanjang sungai Bengawan Solo.Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa Lapisan Sungai Bengawan Solo terbagi menjadi 3 antara Lain sebagai berikut:
1)Lapisan Jetis
2)Lapisan Trinil
3)Lapisan Ngandong
4) Pithecanthropus Soloensisis(Manusia Kera dari Solo)
Hasil penemuan nya berupa bagian atap tengkorak,tulang dahi,dll.
5) Pithecanthropus Erectus(Manusia Kera berjalan tegak)
Ciri cirinya adalah berbadan tegap dengan alat pengunyah yang kuat,berjalan tegak,makananya masih kasar.
6) Homo
Ciri ciri Nya:Tulang Tengkorak mulai membulat,muka tidak terlalu menonjol kedepan,berjalan lebih tegak,tinggi badan 130-210 cm dengan berat badan 30-150 kg,otak besar dan kecil sudah berkembang terutama kulit dan otak.

Fosil manusia purba jenis Homo yang ditemukan di Indonesia adalah sebagai berikut:
a.Homo Wajakenensi
b.Homo Soloensis
c.Homo Sapiens
Homo Sapiensis terdiri atas beberapa subspesies atau ras.Jenis Homo Sapiens yang sampai sekarang masih hidup adalah:
1.Ras Mongoloid
2.Ras Kaukasoid
3.Ras Negroid:juga terdiri dari beberapa ras antara lain:ras Austromelansoid,dan ras khausanoid.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: